Universitas Gunadarma
setiawan-alvin.blogspot.com

Kickass

Sunday, April 27, 2014

Resensi Buku The Saying of Confucius


Judul Asli : The Saying of Confucius "The Massage of the Benevolent"
Judul Terjemahan : The Saying of Conficius "Pesan dari Sang Bijak"
Pengarang : Tsai Chih Chung
Penerbit : PT Alex Media Komputindo
Tahun Terbit : 2011
Jenis Buku : Komik


Ringkasan : 
The Saying of Confucius menampilkan kisah hidup Confucius, kata-kata terpilih dari Lun Yu dan beberapa muridnya yang menonjol.
Confucius adalah orang bijak China, dan Analekta bisa di sebut sebagai kitab suci China. Analekta memuat banyak frasa indah yang telah banyak di kutip oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia selama berabad-abad. Ajaran Confucius, selama dua ribu tahun, tetap dapat diterapkan secara universal. Yang menonjol adalah pandangannya bahwa pengetahuan sejati berasal dari mengatakan yang di ketahui bila ia mengetahuinya dan tidak mengatakannya bila ia tidak mengetahuinya. Mungkin saja, diantara muridnya, ia telah memilih Zi Lu untuk menerima nasihat ini karena Zi Lu rentan terhadap kelemahan di bidang ini. Tapi betapa sering orang zaman kita sekarang membuat kesalahan yang sama; orang yang tidak tahu kebenaran di balik suatu hal berpura-pura bahwa mereka tahu dan bahkan terus mempertahan pengetahuan asal mereka tentang hal itu.

Komentar : 
Dalam buku The Saying of Confucius "Pesan dari Sang Bijak" di awali dengan sebuah cerita yang menceritakan perjalanan hidup sang Guru ( Confucius ), dan dilajutkan oleh kutipan-kutiapan isi kitab Lun Yu yang merupakan percakapan-percakapan sang Guru bersama dengan murid-muridnya yang di tuangkan dalam bentuk komik agar mudah di pahami dan tidak terkesan kompleks.

Untuk lebih memahami bagaimana ajaran Confucius yang selama lebih dari dua ribu tahun di terapkan secara universal dan di pelajari oleh orang banyak serta di muat dalam bentuk sederhana, dapat menjadi bacaan di waktu senggang, buku The Saying of Confucius dapat menjadi bahan bacaan sekaligus pelajaran bagi anda.

No comments: